Jakarta – Hingga akhir April 2025, PT Astra Daihatsu Sales Operation membukukan total penjualan ritel sebanyak 46.718 unit di pasar otomotif nasional. Dari angka tersebut, model Sigra tercatat sebagai penyumbang terbesar penjualan Daihatsu.
Pangsa Pasar 17,5 Persen
Pada periode yang sama, total penjualan mobil nasional mencapai sekitar 267 ribu unit. Dengan capaian 46.718 unit, Daihatsu berhasil meraih pangsa pasar sebesar 17,5 persen.
Tri Mulyono selaku Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation menyampaikan apresiasinya kepada konsumen atas pencapaian tersebut.
“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang terus diberikan pelanggan. Di tengah dinamika pasar saat ini, kami akan terus memperkuat strategi untuk memahami kebutuhan konsumen dan memberikan solusi terbaik melalui produk serta layanan kami,” ungkap Tri dalam siaran pers yang dirilis pada Rabu (14/5/2025).
Sigra Jadi Model Terlaris
Daihatsu Sigra tercatat sebagai model paling laris sepanjang tahun ini, dengan total penjualan mencapai 14.809 unit hingga April 2025. Kendaraan LCGC berjenis MPV ini memberikan kontribusi sebesar 32 persen terhadap total penjualan ritel Daihatsu.
Di posisi kedua ada Gran Max pikap yang terjual sebanyak 12.126 unit atau sekitar 26 persen. Disusul SUV Terios dengan penjualan 5.637 unit yang mencakup 12 persen dari total penjualan.
Secara keseluruhan, empat model unggulan Daihatsu tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia di masing-masing segmen. Astra Daihatsu Sigra menyumbang 59 persen di kelas LCGC MPV, Luxio mendominasi segmen semi bonnet, Gran Max PU menguasai 58 persen pasar di kategori pick-up low, serta Gran Max Mini Bus memimpin dengan kontribusi 94 persen di segmen minibus.(BY)